Posts Tagged ‘RTC’

AN0175 Penggunaan I2C pada DST-ARM

Tuesday, November 22nd, 2011

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara penggunaan I2C yang tersedia di modul DST ARM. Pada DST ARM telah tersedia IC DS1307 dan juga LCD 16×2 karakter, kedua komponen ini dapat dijadikan aplikasi jam digital dengan arm sebagai mikrokontrolernya.

Pada DST ARM telah disediakan 2 komponen yang dapat di coba untuk penggunaan komunikasi serial (I2C) yaitu EEPROM, RTC DS1307. Dimana untuk penggunaannya kita hanya cukup menjumper koneksi yang telah disediakan, dalam hal ini pin SDA, SCL. Jadi kita tidak lagi direpotkan untuk penyolderan kabel lagi. Pin SDA,SCL dari kedua IC dikeluarkan melalui header 2 pin yaitu JP8, dan juga pin SDA,SCL ini tersambung lagi ke header 4 pin, yaitu JP7. JP7 ini berfungsi untuk menyambungkan pin SDA,SCL dari IC RTC maupun EEPROM ke pin SDA,SCL pada mikrokontroler ARM. Jadi untuk konfigurasi hardware untuk artikel ini, anda hanya cukup menambahkan jumper pada JP7.

Sedangkan konfigurasi hardware untuk LCD anda dapat lihat pada artikel penggunaan LCD pada mikrokontroler ARM. Setelah semua tersambung, pastikan tidak ada koneksi yang salah.

Artikel ini dapat didownload di sini

Penulis: Januar Susanto

Modul-modul yang digunakan

- Modul DST-ARM

- Modul LCD M1632

- Switch Pushbutton

Membuat Jam Digital dengan tampilan LCD pada Modul TRN-02

Tuesday, February 16th, 2010

AN0085

Untuk membuat jam digital dengan tampilan LCD maka ada beberapa komponen yang dibutuhkan yaitu, LCD sebagai media penampil, Real Time Clock atau RTC sebagai rangkaian jam dan kalender dalam sebuah IC dan mikrokontroler sebagai pengolah data RTC dan menampilkan pada LCD. Hal ini dapat dipenuhi dalam Modul TRN-02

Detail aplikasi dapat dilihat di sini

Informasi mengenai Modul TRN-02 dapat dilihat di sini

Software Jam Digital dapat didownload di sini

Jam Digital dengan RTC DS1307 dan Modul DST-52

Tuesday, September 9th, 2008

AN0120

Aplikasi berikut ini membahas bagaimana merancang sebuah jam digital dengan menggunakan RTC DS1307 dan Modul DST-52. RTC DS1307 adalah sebuah Real Time Clock yang diakses secara I2C seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Dengan adanya RTC ini, maka program yang ada pada Development System DST-52 tidak perlu membuat program jam digital maupun kalendernya lagi. DST-52 hanya perlu membaca data-data jam maupun kalender yang telah disimpan. Lebih detail mengenai register-register ini dapat dilihat pada AN114 Real Time Clock Menggunakan I2C Bus pada Modul DST-52.

Detail article dapat di lihat di sini

AN0121

Pengaturan Jam Digital dengan RTC DS1307 dan Moduk DST 52, dengan pengaturan waktu melalui keypad 4×4

Bila pada artikel sebelumnya telah kita pelajari proses menampilkan data jam dari RTC DS1307 ke layar LCD, maka pada artikel ini akan kita bahas mengenai proses mengatur nilai awal dari waktu yang ada pada RTC ini.

Detail dapat di lihat di sini

Software pendukung

Modul Pendukung

Real Time Clock Menggunakan I2C Bus pada Modul DST-52

Tuesday, September 9th, 2008

AN0114

Jika pada umumnya IC Real Time Clock menggunakan jalur data pararel maka pada apliaksi ini akan dicontohkan penggunaan IC Real Time Clock menggunkan jalur data serial I2C bus. Kelebihan dari IC RTC yang meggunakan jalur data pararel adalah sistem I2C bus membutuhkan jalur data jauh lebih sedikit dari pada sistem pararel bus dengan kemampuan yang relatif sama dengan yang menggunakan jalur data pararel. DS1307 adalah IC serial Real Time Clock (RTC) dimana alamat dan data ditransmisikan secara serial melalui sebuah jalur data dua arah I2C. Karena menggunakan Jalur data I2C maka hanya memerlukan dua buah pin saja untuk komunikasi. Yaitu pin untuk data dan pin untuk sinyal clock. Sistem jalur data I2C adalah suatu standar protokol sistem komunikasi data serial yang dikembangkan oleh Philips dan cukup populer karena penggunaannya cukup mudah.

Detail article dapat di lihat di sini

Modul pendukung

Antar Muka RTC dengan Modul DST-51

Saturday, August 16th, 2008

AN0024

Interface untuk aplikasi ini adalah berupa jam digital dengan menggunakan modul RTC dengan tampilan LCD 2×16.

RTC ( Real Time Clock ) adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai jam, kalender maupun alarm digital dengan kemampuan penyimpanan data waktu selama 10 tahun tanpa power supply. Pada aplikasi ini modul RTC yang digunakan adalah Modul RTC-1287 yang didisain menggunakan IC keluaran Dallas DS12887

Detail Aplikasi ini dapat di lihat di sini

Komponen pendukung

Software pendukung

Modul pendukung