Posts Tagged ‘dst52’

Aplikasi mengukur jarak dengan menggunakan SRF-04

Wednesday, September 10th, 2008

AN0135

SRF-04 adalah merupakan modul yang berisi transmitter dan receiver ultrasonic, modul ini dapat digunakan untuk mengukur jarak.

Modul ini mengukur jarak dengan cara menghitung selisih waktu antara saat pemancaran sinyal dan saat penerimaan sinyal pantul.

Detail article dapat di lihat di sini

Robot yang di program oleh window parameter melalui infra red

Wednesday, September 10th, 2008

AN0134

Aplikasi ini membahas tentang robot robot automatic yang sifatnya progammable dan gerakannya dapat di progran melalui PC secara visual

Detail article dapat di lihat di sini

Aplikasi Nirkable menggunakan RFM12

Wednesday, September 10th, 2008

AN2031

Pada article ini kita akan membahas modul RF buatan HOPERF.

Modul RFM adalah modul transceiver yang bekerja pada frekwensi 315, 433, 868, 915 MHz.
Modul ini menggunakan antarmuka SPI untuk berkomunikasi dengan microcontroller guna mengatur parameter-parameter modul untuk dapat bekerja dan juga komunikasi.

Detail article ini dapat di lihat di sini

Programmable DC/Servo Motor dengan menggunakan DDMI-01 dan DST-52

Tuesday, September 9th, 2008

AN0128

Berbeda dengan motor stepper, motor DC lebih mudah dikendalikan karena prosesnya hanya dilakukan dengan memberikan tegangan DC saja. Sedangkan arah dapat diubah dengan melakukan perubahan pada polaritasnya saja.  Pada artikel ini akan dibahas bagaimana mengatur motor DC agar bergerak ke arah-arah yang telah ditentukan sebelumnya selama periode waktu tertentu. Contohnya, step 1 bergerak se arah jarum jam selama 15 detik, kemudian step 2 bergerak berlawanan jarum jam selama 20 detik dan seterusnya

Detail article dapat di lihat di sini

Software pendukung

Modul Pendukung

Real Time Clock Menggunakan I2C Bus pada Modul DST-52

Tuesday, September 9th, 2008

AN0114

Jika pada umumnya IC Real Time Clock menggunakan jalur data pararel maka pada apliaksi ini akan dicontohkan penggunaan IC Real Time Clock menggunkan jalur data serial I2C bus. Kelebihan dari IC RTC yang meggunakan jalur data pararel adalah sistem I2C bus membutuhkan jalur data jauh lebih sedikit dari pada sistem pararel bus dengan kemampuan yang relatif sama dengan yang menggunakan jalur data pararel. DS1307 adalah IC serial Real Time Clock (RTC) dimana alamat dan data ditransmisikan secara serial melalui sebuah jalur data dua arah I2C. Karena menggunakan Jalur data I2C maka hanya memerlukan dua buah pin saja untuk komunikasi. Yaitu pin untuk data dan pin untuk sinyal clock. Sistem jalur data I2C adalah suatu standar protokol sistem komunikasi data serial yang dikembangkan oleh Philips dan cukup populer karena penggunaannya cukup mudah.

Detail article dapat di lihat di sini

Modul pendukung

Infrared Remote Control Extender dengan menggunakan Modul IR-8510, TLP916A dan RLP916A

Tuesday, September 9th, 2008

AN0113

Teknologi infrared dalam aplikasi remote control saat ini sudah banyak dijumpai pada berbagai macam perangkat elektronik. Namun sampai saat ini, infrared mempunyai keterbatasan untuk pengendalian pada jarak yang sangat jauh ataupun menembus dinding. Contohnya pada presentasi di panggung yang luas di mana jarak presenter dan power point projector berada pada posisi yang sangat jauh, atau pada pengendalian peralatan rumah tangga menggunakan remote control sony seperti yang dibahas pada article AN0083

Dengan adanya Infrared Remote Control Extender ini, maka pengendalian peralatan menggunakan infrared remote control dapat dilakukan pada jarak yang lebih jauh dan bahkan dapat menembus tembok.

Prinsip kerja dari Infrared Remote Control Extender ini adalah mengubah sinyal infrared menjadi gelombang radio dengan frekwensi UHF sehingga transmisi data dapat dilakukan pada jarak yang cukup jauh dan diterima dengan penerima UHF serta kembali diubah menjadi sinyal-sinyal infrared. Frekwensi UHF 916 MHz digunakan untuk menghindari adanya noise-noise dari frekwensi radio lainnya.

Detail article dapat di lihat di sini

Modul pendukung

Kendali Alat Jarak Jauh Menggunakan Remote Infra Merah Dan RF

Tuesday, September 9th, 2008

AN0112

Pada artikel sebelumnya, telah dibahasa contoh aplikasi pengendali peralatan rumah tangga. Terdapat berbagai macam cara untuk mengendalikan peralatan tersebut antara lain yang telah dicontohkan pada aplikasi sebelumnya adalah pengendali peralatan rumah tangga melalui jalur telephone dan RS485. Selain itu juga telah dicontohkan pula proses pengendalian peralatan rumah tangga dilakukan dengan menggunakan jalur infra merah.

Menggunakan infra merah lebih praktis untuk penggunaan secara indoor (dalam ruangan), karena portabilitas remote control yang membuat pengguna dapat dengan mudah mengendalikan peralatan dari sudut-sudut ruangan manapun. Pengontrolan peralatan rumah tangga menggunakan remote infra merah mempunyai keterbatasan jika akan digunakan untuk outdoor, misalkan mengendalikan peralatan yang berada diluar ruangan atau rumah. Memang hal ini dapat diatasi dengan menggunakan kabel yang panjang untuk transmisi data, tetapi hal tersebut kurang praktis dan aman.

Oleh karena itu bila pada artikel sebelumnya menggunakan infra merah, maka pada pada artikel kali ini akan menggunakan infra merah dan RF. Dengan menggunakan media RF maka pengendali peralatan menggunakan remote infra tidak terbatas hanya dapat digunakan secara indoor saja, pengguna dapat dengan mudah mengendalikan peralatan yang berada dengan jarak yang relatif jauh atau bahkan diluar ruangan hanya dari dalam ruangan rumahnya.

Detail article dapat di lihat di sini

Modul pendukung

Software pendukung

Kunci Digital Menggunakan RFID

Tuesday, September 9th, 2008

AN0111

Pada artikel yang lalu telah dibahas mengenai Radio Frequency Identification (RFID), sebagai gambaran RFID adalah suatu metoda penyimpan dan mengambil kembali data digital melalui gelombang radio dengan frekuensi tertentu menggunakan suatu peralatan yang disebut RFID tags atau transponders. Data yang ditransmisikan pada umumnya adalah kode-kode yang bertujuan untuk identifikasi suatu obyek tertentu. RFID tags pada umumnya dapat berupa benda yang sangat kecil sehingga dapat dengan mudah digabungkan dengan benda-benda lain.

Detail article dapat di lihat di sini

Software pendukung

Modul pendukung

Mengontrol Motor Steeper Dengan Sub System – 06 Stepper Motor Interface

Tuesday, September 9th, 2008

AN0110

Sub System – 06 Stepper Motor Interface adalah suatu antar muka driver motor stepper yang mampu menerima perintah-perintah dari mikrokontroller ataupun PC sebagai Master, sehingga Master dapat mengontrol mode kerja motor stepper, arah putar, kecepatan, dan jumlah step untuk masing-masing motor secara terpisah dan real time.

Masing-masing motor dapat dikontrol oleh Master secara terpisah dengan mengirimkan perintah-perintah yang sesuai. Selain itu dengan menggunakan sebuah Master saja sudah dapat menggunakan 8 buah modul SST-06 secara bersama-sama, karena modul SST-06 dapat dialamati sampai 8 Sub System, sehingga pengguna dapat mengontrol hingga 16 buah motor sekaligus.

Detail article dapat di lihat di sini

Modul pendukung

Mesin Antrian Sederhana Menggunakan Modul SST-01 LCD Interface Sebagai Penampil

Tuesday, September 9th, 2008

AN0109

Pada artikel kali ini akan dicontohkan bagaimana mengaplikasikan modul SST-01 sebagai serial display pada mesin antrian. Nomer urut antrian pada masing-masing loket akan ditampilkan pada display LCD yang berbeda-beda setiap loketnya. Dengan menggunakan modul SST-01, masing-masing bentuk tampilan display loket pada mesin antrian dapat diatur secara independen, walaupun menggunakan jalur data yang sama. SST-01 dapat digunakan bersama-sama dikarenakan, SST-01 LCD adalah merupakan sub system yang mempunyai ID. Pada kondisi awal dari manufaktur, sub system ini memiliki ID 00. Pengguna sudah dapat langsung menggunakan sub system ini secara tunggal. Agar dapat mengontrol tiga buah modul SST-01 secara bersama-sama diperlukan kontroler yang bertindak sebagai master, pada artikel kali ini kontroler yang digunakan sebagai master adalah modul DST-52.

Detail article ini dapat di lihat di sini

Software pendukung

Modul pendukung