Posts Tagged ‘downloader’

AN-0200 Merancang Program Mikrokontroler menggunakan Flowchart dengan Delta Robotic Studio

Wednesday, September 9th, 2015

Bahasa pemrograman seringkali menjadi kendala bagi para pemula untuk mempelajari pemrograman mikrokontroler. Pada dasarnya mikrokontroler hanya mengenali Bahasa Mesin / Mnemonic yang disimpan dalam file Hex atau Binary.

Supaya bahasa tersebut dapat dikenali oleh seorang programmer, maka dibutuhkan bahasa yang lebih tinggi tingkatannya yaitu Assembler. Namun bahasa ini kadang-kadang masih terlalu dasar bagi pengguna pemula mengingat inti dari bahasa ini adalah pemindahan data di register dan manipulasi bit, sehingga pengguna harus terlebih dahulu mengenali fungsi-fungsi register mikrokontroler.

Untuk mempermudah masalah ini, maka diciptakan bahasa yang lebih tinggi tingkatannya yaitu Bahasa C yang lebih manusiawi. Tidak sesulit Bahasa Assembler namun masih dibutuhkan waktu juga bagi pengguna pemula untuk mempelajari.

Berikut ini kami telah meluncurkan Software IDE menggunakan Sistem Flowchart yaitu Delta Robotic Studio.

Dengan menggunakan IDE ini seorang pemula dapat merancang pemrograman mikrokontroler hanya dengan menggunakan flowchart dan mengatur parameter-parameternya. Dengan menggunakan tampilan gambar maka seorang pemula dapat memrogram mikrokontroler tanpa harus mempelajari datasheet / hardware dari mikrokontroler tersebut.

Makro

Cara Membuat Macro di Delta Robo StudioRancangan Flowchart pada IDE ini dilakukan dengan menyusun makro-makro yang memiliki tampilan gambar serta deskripsi detail saat kita arahkan mouse di atasnya.

Setiap makro selain dapat diubah parameternya, juga bagi pengguna yang menguasai bahasa pemrograman mikrokontroler dapat mengubah hingga level bahasa pemrograman dasar.

Pengguna juga dapat menambahkan makro-makro sendiri sesuai kebutuhan, termasuk mengedit icon dan deskripsi makro.

Help

Setiap makro dilengkapi dengan menu help yang menjelaskan lebih detail mengenai penggunaan makro

Fuzzy

Delta Robotic Studio juga dilengkapi dengan Fuzzy Designer sehingga mempermudah pengguna dalam merancang sistem kontrol dan mengatur parameter-parameternya.

Download

Hasil dari flowchart akan dicompile menjadi file yang dikenali mikrokontroler yaitu file hex dan dapat langsung didownload dengan fungsi download yang ada di Delta Robotic Studio menggunakan USB Downloader

Lebih detail mengenai software ini dapat didownload di link berikut

1 April 2016, update library untuk GSM Relay dapat di download di link berikut. Copy – Paste hasil ekstrak ke folder Delta Robotic Studio dan Overwrite semua file

22 April 2016, update library untuk GPS dapat didownload di link berikut. Copy – Paste hasil ekstrak ke folder Delta Robotic Studio dan Overwrite semua file

15 Nopember 2017, update library untuk DS1307, Joystick, makro-makro LCD 16×2, Joystick dan DS1307 dapat didownload di link berikut. Copy – Paste ke folder Delta Robotic Studio dan Overwrite semua file

Paulus Andi Nalwan, Delta Electronic

DST-52 Downloader USB

Monday, September 8th, 2008

AN0106

Dewasa ini keberadaan port serial RS-232 pada komputer semakin berkurang  jumlahnya, jika dahulu terdapat minimal 2 buah port serial RS-232, maka sekarang jumlahnya sudah berkurang menjadi 1 buah, bahkan pada jenis komputer tertentu sudah tidak menyediakan port serial RS-232, misalnya pada komputer jenis mobile. Karena memang dilihat dari sudut teknologi, bagi beberapa pihak komunikasi data menggunakan port serial RS-232 sudah dianggap tertinggal.

Dalam mempelajari teknik dasar antar muka mikrokontroler dengan PC menggunakan komunikasi data serial kadang-kadang menemui kendala, yaitu tidak tersedianya port serial RS-232 pada PC, terutama pada PC keluaran terbaru. Alternatif lain adalah dengan menggunakan port USB. Tetapi bagaimana jika mikrokontroler yang digunakan tidak mendukung komunikasi data melalui port USB, dan kendala lainnya protokol untuk menggunakan USB bagi pemula tidaklah mudah untuk dipelajari. Hal ini sekarang dapat diatasi dengan menggunakan suatu dongle konverter port USB menjadi port serial RS-232. Dengan menggunakan konverter ini maka sebuah port USB PC seolah-olah menjadi sebuah port serial RS-232 seperti pada umumnya, walaupun sesungguhnya data ditransfer melalui sebuah port USB.

Detail article ini dapat di lihat di sini

Modul pendukung