Posts Tagged ‘arduino’

AN-0203 Cara menggunakan Joystick PS2 pada mikrokontroler dengan Delta Robotic Studio

Saturday, November 11th, 2017

Untuk mengendalikan robot baik mobile robot, android, hexapod ataupun drone, joystick adalah sebuah perangkat HID yang seringkali digunakan. Joystick PS2 memiliki 14 input digital dan 4 buah analog input yang cukup variatif untuk memberikan masukan pada robot. Artikel berikut ini akan membahas cara menggunakan joystick ps2 pada mikrokontroler agar dapat digunakan untuk aplikasi robotik.

Di sini Joystick PS2 yang kita gunakan telah dimodifikasi dengan mengganti konektornya menjadi DB9 agar lebih mudah diperoleh konektor pasangannya

Cara Menggunakan Joystick PS2 pada mikrokontroler

Joystick PS2 yang dimodifikasi dengan konektor DB9

Cara menggunakan Joystick PS2 pada mikrokontroler

Deskripsi Pin Joystick PS2

Data, pin ini berfungsi untuk mengirim data dari joystick ps2 ke mikrokontroler, data dikirim dengan bentuk serial sinkron 8 bit fallin edge.
Command, pin ini berfungsi untuk mengirim data dari mikrokontroler ke joystick ps2, data yang di kirim berbentuk serial sinkron 8 bit fallin edge.
Vcc, Joystick ps2 membutuhkan power suplly sebesar 5 volt.
ATT, adalah pin yang digunakan untuk memilih josystick ps2 mana yang aktif ( select ).
Clock, berfungsi untuk sinkronisasi pengiriman dan penerimaan data antara mikrokontroler dan joysick ps2. Sinyal clock dibangkitkan oleh mikrokontroler.
Acknolwedge adalah sinyal yang dikirim oleh joystick ps2 apabila telah menerima data dari mikrokontroler, ACK akan berlogika low kira-kira satu siklus clock pada saat data 8 bit telah terkirim.

Transmisi data

Semua transmisi data antara mikrokontroller dan joystick adalah 8 bit serial sinkron falling edge ( data masuk pada saat clock berubah dari tinggi ke rendah ). Jika mikrokontroller ingin mengambil data dari joystick maka mikrokontroller harus membuat pin ATT berlogika low dan mengirim data sebagai start command (0×01). Setelah start commad diterima oleh joystick maka joystick akan mengirim data yang menunjukkan ID dari joystick ( 0×41 untuk joystik digital dan 0×73 untuk joystick analog red mode ). Pada saat josytick mengirim ID mikrokontroller juga mengirim data ( 0×42 ) untuk meminta data dari joystick setelah data ( 0×42 ) diterima oleh joystick maka joystisk membalas dengan mengirimkan data ( 0×52 ) sebagai pemberitahuan bahwa data akan dikirim, setelah itu joystik mengirimkan data 6 x 8 bit yang berisi informasi tombol mana saja yang ditekan ( semua tombol adalah aktif low ).

Cara menggunakan joystick ps2 pada mikrokontroler

timing-diagram-joystick-ps2

Cara menggunakan joystick ps2 pada mikrokontroler

data-joystick-ps2

Namun untuk pemula, pengambilan data joystick ps2 yang menggunakan transmisi synchronous serial tersebut bukanlah hal yang mudah. Untuk itu Delta Robotic Studio saat ini telah menyediakan makro untuk antarmuka joystick ps2  sehingga pembuatan program untuk menggunakan joystick ps2 dapat dilakukan dengan mudah karena menggunakan visual dan flowchart.

Cara menggunakan joystick ps2 pada mikrokontroler

Makro Joystick PS2

Walaupun pada gambar di atas tampak bahwa makro yang dibuat menggunakan skrip dalam assembler, bukan berarti pengguna harus menguasai bahasa assembler, karena pengguna hanya cukup memasang makro  tersebut pada flowchart saja. Hanya saja pengguna tingkat advance yang menguasai bahasa assembler akan diperbolehkan untuk mengedit skrip tersebut.

Software Delta Robotic Studio dapat didownload di link berikut

Update Makro dan Library untuk aplikasi ini ada di link berikut

Update yang dilakukan adalah:

  • Library DS1307
  • Library Joystick
  • Revisi board file ST-51 dan TRN-02
  • Tambahan makro-makro LCD, DS1307 dan Joystick

File Flowchart Aplikasi Joystick dapat didownload di link berikut

    DELTA ELECTRONIC, Paulus Andi Nalwan, ST

    AN-0200 Merancang Program Mikrokontroler menggunakan Flowchart dengan Delta Robotic Studio

    Wednesday, September 9th, 2015

    Bahasa pemrograman seringkali menjadi kendala bagi para pemula untuk mempelajari pemrograman mikrokontroler. Pada dasarnya mikrokontroler hanya mengenali Bahasa Mesin / Mnemonic yang disimpan dalam file Hex atau Binary.

    Supaya bahasa tersebut dapat dikenali oleh seorang programmer, maka dibutuhkan bahasa yang lebih tinggi tingkatannya yaitu Assembler. Namun bahasa ini kadang-kadang masih terlalu dasar bagi pengguna pemula mengingat inti dari bahasa ini adalah pemindahan data di register dan manipulasi bit, sehingga pengguna harus terlebih dahulu mengenali fungsi-fungsi register mikrokontroler.

    Untuk mempermudah masalah ini, maka diciptakan bahasa yang lebih tinggi tingkatannya yaitu Bahasa C yang lebih manusiawi. Tidak sesulit Bahasa Assembler namun masih dibutuhkan waktu juga bagi pengguna pemula untuk mempelajari.

    Berikut ini kami telah meluncurkan Software IDE menggunakan Sistem Flowchart yaitu Delta Robotic Studio.

    Dengan menggunakan IDE ini seorang pemula dapat merancang pemrograman mikrokontroler hanya dengan menggunakan flowchart dan mengatur parameter-parameternya. Dengan menggunakan tampilan gambar maka seorang pemula dapat memrogram mikrokontroler tanpa harus mempelajari datasheet / hardware dari mikrokontroler tersebut.

    Makro

    Cara Membuat Macro di Delta Robo StudioRancangan Flowchart pada IDE ini dilakukan dengan menyusun makro-makro yang memiliki tampilan gambar serta deskripsi detail saat kita arahkan mouse di atasnya.

    Setiap makro selain dapat diubah parameternya, juga bagi pengguna yang menguasai bahasa pemrograman mikrokontroler dapat mengubah hingga level bahasa pemrograman dasar.

    Pengguna juga dapat menambahkan makro-makro sendiri sesuai kebutuhan, termasuk mengedit icon dan deskripsi makro.

    Help

    Setiap makro dilengkapi dengan menu help yang menjelaskan lebih detail mengenai penggunaan makro

    Fuzzy

    Delta Robotic Studio juga dilengkapi dengan Fuzzy Designer sehingga mempermudah pengguna dalam merancang sistem kontrol dan mengatur parameter-parameternya.

    Download

    Hasil dari flowchart akan dicompile menjadi file yang dikenali mikrokontroler yaitu file hex dan dapat langsung didownload dengan fungsi download yang ada di Delta Robotic Studio menggunakan USB Downloader

    Lebih detail mengenai software ini dapat didownload di link berikut

    1 April 2016, update library untuk GSM Relay dapat di download di link berikut. Copy – Paste hasil ekstrak ke folder Delta Robotic Studio dan Overwrite semua file

    22 April 2016, update library untuk GPS dapat didownload di link berikut. Copy – Paste hasil ekstrak ke folder Delta Robotic Studio dan Overwrite semua file

    15 Nopember 2017, update library untuk DS1307, Joystick, makro-makro LCD 16×2, Joystick dan DS1307 dapat didownload di link berikut. Copy – Paste ke folder Delta Robotic Studio dan Overwrite semua file

    Paulus Andi Nalwan, Delta Electronic