AN-4004 Aplikasi DST-X10 Master I/O dalam membangun Smarthome (Wireless Output)

Secara fisik, DST-X10 Master I/O Control hanya memiliki 8 digital input, 8 digital output dan 8 analog input, namun perangkat ini juga memiliki antarmuka wireless dengan frekwensi 433 MHz sehingga I/O unit ini dapat diekspan secara wireless. Ekspansi DST-X10  I/O Control dilakukan dengan menambah unit-unit X10-RF yang dengan pengalamatan tertentu dalam jaringan wireless X10 RF seperti pada gambar berikut.

Jaringan Wireless Smarthome

DST-X10 Master I/O Control dapat diekspan untuk mengakses 100 unit X10 RFI (X10 Radio Frequency Interface) dalam jaringan wireless X10 RFI di mana setiap X10 RFI unit dapat memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Jenis-jenis X10 RFI yang ada saat ini adalah sebagai berikut:

- X10A-RFI Wireless Smart Lamp Controller yang berbentuk fitting lampu dan berfungsi untuk mengendalikan lampu yang terpasang pada fitting tersebut

- X10B-RFI Wireless Smart Relay yang memiliki male-female ac socket dan berfungsi untuk mengendalikan peralatan listrik tegangan 220VAC dengan daya maksimum 1000W

- X10C-RFI Wireless CO Detector yang berfungsi untuk mendeteksi adanya gas karbon monoksida dan ditempatkan pada garasi mobil sehingga penghuni dapat mengetahui adanya karbon monoksida di dalam garasi.

- X10D-RFI Wireless Door Sensor yang terhubung pada magnetic door switch dan dapat memberikan informasi kondisi pintu / jendela yang dipasang sensor ini. Unit ini juga dapat berfungsi sebagai alarm saat magnetic sensor tersebut aktif

- X10E-RFI Wireless Flood Detector yang berfungsi mendeteksi adanya cairan. Unit ini dapat digunakan untuk mendeteksi banjir, hujan atau dipasang pada pinggir bak mandi untuk mengetahui batas pengisian bak.

- X10F-RFI Wireless LPG Detector yang berfungsi untuk mendeteksi adanya gas LPG yang melebihi kadar tertentu. Unit ini biasanya diletakkan di bagian dapur atau tempat penyimpanan tabung LPG

- X10G-RFI Wireless Motion Detector yang berfungsi untuk mendeteksi infra merah pasif yang dipancarkan oleh mahluk hidup. Unit ini digunakan untuk mengamankan daerah-daerah tertentu dalam rumah, juga dapat digunakan sebagai trigger untuk mengaktifkan X10A/B Switch atau X10J-Sound Player yang berfungsi sebagai bell rumah atau alarm.

- X10H-RFI Wireless Smoke Detector yang berfungsi untuk mendeteksi asap sehingga penghuni dapat mengetahui adanya bahaya kebakaran dalam rumah.

- X10I-RFI Wireless Remote Control yang berfungsi sebagai remote untuk mengaktif/non aktifkan unit-unit X10RF yang lain tanpa melalui DST-X10 Master I/O Control

- X10J-RFI Wireless  Sound player yang berfungsi sebagai sound player yang dapat diubah-ubah suaranya sesuai kebutuhan. Pengguna dapat mendownload suara bell pintu apabila digunakan sebagai bell pintu, atau suara alarm apabila digunakan sebagai alarm rumah.

Masing-masing unit X10RFI bukan hanya berfungsi sebagai ekspan I/O dari DST-X10 Master I/O Control namun juga memiliki kecerdasan sendiri dalam mengatur kinerjanya sehingga dapat berdiri sendiri tanpa harus dikendalikan dari DST-X10 Master I/O Control. Setiap unit memiliki real time clock sehingga dapat diatur agar mengaktifkan/non akifkan input output di saat-saat tertentu. Contoh:

- Mengaktifkan lampu (X10A-RFI) pada setiap jam 08:00 – 17:00 Kecuali Hari Minggu.

- Mengaktifkan motion detector (X10G-RFI) agar aktif pada jam-jam tertentu dan non aktif pada jam2 tertentu. Saat jam kerja di mana masih banyak orang yang lalu lalang maka motion detector non aktif, di luar tersebut maka motion detector akan atif (di luar jam kerja)

Beberapa unit bahkan memiliki sensor seperti sensor cahaya pada X10A-RFI Wireless Smart Lamp Controller sehingga lampu yang dikendalikan dapat diatur untuk nyala pada saat tidak ada sinar matahari dan padam saat ada sinar matahari.

Setiap sensor dapat diatur level aktifnya melalui web browser (harus menggunakan DST-X10 Master I/O Control). Pengaturan ini diperlukan pada saat pertama kali memasang unit yang dilengkapi sensor. Contohnya pada X10A-RFI yang dilengkapi LDR, maka level aktif sensor LDR sebaiknya diatur berdasarkan kondisi pencahayaan di lokasi tersebut. Hal ini akan dibahas lebih dalam di artikel AN-4005 Penggunaan Smart Wireless Lamp dalam Sistem Smarthome

Sensor-sensor dalam X10-X RFI ini tidak hanya berfungsi untuk mengaktifkan output yang ada dalam unitnya sendiri namun juga dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

- Mengaktifkan / non aktifkan output yang ada pada unit X10-X RFI yang lain

- Menampilkan perubahan pada halaman web dari DST-X10 Master I/O Control

- Mengirimkan email ke alamat yang telah diatur dalam DST-X10 Master I/O Control

Lebih detail mengenai hal ini akan dijelaskan di artikel yang membahas masing-masing X10X-RFI yang dimulai dari AN-4005 Penggunaan Smart Wireless Lamp dalam Sistem Smarthome

Paulus Andi Nalwan, Delta Electronic