Kendali Robot melalui RF dengan D-JOY Controller

AN0140

Joystick PS2 adalah sebuah media pengendali robot yang cukup handal. Dibandingkan dengan PC Keyboard yang kurang fleksibel dan keypad yang mempunyai jumlah tombol terbatas media ini jauh lebih sesuai. Namun berbeda dengan PC Keyboard maupun keypad, joystick membutuhkan masukkan perintah terlebih dahulu untuk mengirimkan datanya.

Pada saat mikrokontroler ingin mengambil data dari joystick maka mikrokontroler harus memberitahu joystick bahwa datanya akan diambil dengan memberikan logika 0 pada pin ATT dan mengirimkan data sebagai¬† perintah mulai atau start command (0×01).
Setelah perintah mulai diterima oleh joystick maka joystick akan mengirim data yang menunjukkan ID dari joystick ( 0×41 untuk joystik digital dan 0×73 untuk joystick analog red mode ). Pada saat yang bersamaan dengan josytick mengirim ID mikrokontroler juga mengirim data ( 0×42 ) untuk meminta data dari joystick
Saat data¬† ( 0×42 ) diterima maka joystick akan membalas dengan mengirimkan data ( 0×52 ) sebagai pemberitahuan bahwa data akan segera dikirim.
Setelah itu joystik mengirimkan data 6 x 8 bit yang berisi informasi tombol mana saja yang ditekan ( semua tombol adalah aktif low ).

Detail article dapat di lihat di sini

Tags: , , ,

Leave a Reply

{"Message":"User: anonymous is not authorized to perform: es:ESHttpPost"}